Ikuti Arahan Jokowi, Tito Minta ASN Ubah Perilaku Setor-menyetor

banner 120x600

CAHAYASUMATERA.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) membangun pola pikir dan budaya kerja untuk melayani publik. Hal itu sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya ingin ada perubahan mind set (pola pikir) dan juga budaya di lingkungan Kemendagri dan BNPP. Ini kan juga arahan dari Bapak Presiden untuk melaksanakan revolusi mental,” kata Tito seperti dikutip Antara, Jumat (25/2/2022).

Tito mengatakan upaya membangun pola kerja melayani publik itu berkaitan dengan nilai inti atau core values ASN “Ber-AKHLAK”, Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Pentingnya perubahan pola pikir dan budaya kerja para ASN itu karena Kemendagri memiliki tugas mengurusi 548 pemerintah daerah (pemda). Menurutnya, di tengah keterbukaan informasi, praktik-praktik pelayanan yang baik harus dijalankan termasuk sikap antikorupsi.

Apalagi, dengan penguatan peran masyarakat sipil dengan didukung keberadaan media sosial. Hal tersebut berdampak pada berbagai sektor, termasuk komplain masyarakat terhadap pelayanan publik, yang dapat langsung diketahui pimpinan termasuk Presiden.

“Kalau masih mempertahankan kultur-kultur buruk yang lama, setor menyetor, pungli dan segala macam nanti akan tergilas, tergilas, harus cepat berubah, beradaptasi pada lingkungan baru. Justru memanfaatkan teknologi itu untuk membuat image yang baik,” katanya. (*)

Sumber: okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *